10 Tips Sukses dalam Bisnis oleh Richard Branson

10 Tips Sukses dalam Bisnis oleh Richard Branson

l-37286

 

Sir Richard Charles Nicholas Branson, atau biasa dikenal dengan Richard Branson, adalah seorang pebisnis dan investor asal Inggris. Ia lebih dikenal sebagai pendiri Virgin Group yang membawahi lebih dari 400 perusahaan.

Usahanya dimulai saat berumur 16 tahun dengan mendirikan majalah berjudul “Student”, kemudian ia mendirikan toko rekaman bernama Virgin Records, yang kemudian dikenal dengan nama Virgin Megastores. Brand Virgin terus meroket di era 1980-an, dimana Branson meluncurkan maskapai Virgin Atlantic mengembangkan label musik Virgin Records.

Sering ditanya mengenai rahasia suksesnya, Branson berbagi 10 tips sukses dalam bisnis yang dijalaninya.

  1. Kejar mimpimu

Saat mengerjakan hal yang dicintainya, seseorang akan lebih menikmati hidup karena itu berarti orang tersebut mengejar dan menjalani mimpinya.

  1. Berbuat baiklah

Pastikan Anda membuka sebuah bisnis yang memberi dampak baik bagi masyarakat di sekeliling Anda. Berjalannya sebuah bisnis dengan lancar tidak terlepas dari dukungan karyawan, pelanggan dan masyarakat di sekeliling Anda. Hal yang menyenangkan, berbuat baik kepada masyarakat pastinya akan membawa dampak baik juga untuk bisnis Anda.

  1. Totalitas dalam menjalankan bisnis dan percaya diri

Jika Anda tidak bangga dan percaya diri dengan apa yang Anda kerjakan, maka orang lain pun tidak mempercayai Anda. Jangan terlalu fokus untuk mengejar keuntungan dan mengembangkan bisnis. Namun fokuslah untuk menjadi yang terbaik dalam bisnis Anda, maka kesuksesan pun akan datang dengan sendirinya.

  1. Bersenang-senanglah dalam apa yang Anda kerjakan dan pastikan tim Anda melakukan hal yang sama

Bersenang-senang adalah komponen paling penting, namun sering disepelekan, dalam sebuah bisnis yang sukses. Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan sehingga Anda dan tim dapat menikmati apa yang dikerjakan. Saat Anda dan tim menikmati pekerjaan, dapat dipastikan hal tersebut akan keluar sebagai energi positif yang juga menyenangkan bagi pelanggan dan rekanan Anda.

  1. Jangan menyerah

Dalam hidupnya, Richard Branson banyak mengalami kondisi sulit di mana ia beranggapan bahwa solusi yang paling mudah adalah untuk berhenti. Namun, menurutnya, Anda akan terpukau oleh apa yang Anda peroleh jika Anda tetap fokus pada tujuan. Saat gagal, bangunlah dan coba lagi.

  1. Banyak mendengarkan, buat banyak catatan dan teruslah tantang diri Anda dengan sesuatu yang baru

Anda akan kehilangan banyak ide, yang mungkin menjadi sesuatu yang besar, jika Anda tidak banyak mencatat ide spontan Anda dan juga orang lain. Jangan lupa untuk lebih banyak mendengarkan dan lebih sedikit berbicara.

  1. Delegasikan dan luangkan lebih banyak waktu untuk keluarga

Salah satu kunci yang harus dikuasai seorang entrepreneur adalah pendelegasian. Pastikan Anda memiliki tim yang dapat mendukung “kelemahan” Anda. Delegasi yang baik akan membuat pekerjaan untuk selesai dengan cepat dan efektif. Dengan begitu, Anda dapat meluangkan waktu lebih banyak dengan keluarga. Jangan lupa juga untuk meminta masukan dari keluarga jika Anda memiliki sebuah ide untuk diwujudkan.

  1. Komunikasi, kolaborasi dan berkomunikasi lebih lagi

Pendiri Apple, Steve Jobs dan perusahaan seperti Pixar membangun lingkungan bekerja yang terbuka dan menyenangkan di mana semua tim dapat berkomunikasi dengan baik dan mengeluarkan ide secara terbuka.

  1. Matikan semua gadget Anda dan jelajahi dunia

Jangan duduk diam di depan komputer Anda seharian. Tinggalkan semua gadget dan perluas pengetahuan dan pandangan Anda di luar. Temui orang-orang baru, alami pengalaman menarik yang baru, dengan begitu Anda akan mendapat banyak ide baru, atau setidaknya menyegarkan pikiran Anda.

  1. Lakukan apa yang Anda cintai

Selama Anda dikelilingi orang-orang terkasih dan melakukan apa yang Anda cintai, percayalah itu sudah cukup.

Source: http://www.entrepreneur.com/article/239244

  • Social Links: