5 Alasan Sebaiknya Anda Melanjutkan Pendidikan di Tahun Kambing Kayu 2015

5 Alasan Sebaiknya Anda Melanjutkan Pendidikan di Tahun Kambing Kayu 2015

16183242128_e944292fcf_z

Persis hari Kamis (19/02) kemarin bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2566. Tahun 2015 sendiri dalam perhitungan horoskop Tionghoa disebut sebagai “Tahun Kambing Kayu” (Yi Wei). Tetapi, masyarakat pada umumnya mengira bahwa Tahun Kambing Kayu dimulai saat Imlek yaitu kemarin. Padahal Tahun Kambing Kayu dimulai sejak 4 Februari 2015 jam 11.59 siang menurut pakar feng shui, Sidhi Wiguna Teh. Terkait dengan Tahun Kambing Kayu ini, berbagai prediksi mengenai ranah kehidupan bermunculan mulai dari karir, percintaan, keuangan, kesehatan, bahkan hingga politik. Lalu, bagaimana dengan pendidikan?

Kami memang belum mendapatkan referensi tepat yang mengarah pada prediksi pendidikan di Tahun Kambing Kayu ini. Namun, dari karakteristik Tahun Kambing Kayu yang kami pelajari, terdapat makna implisit mengapa Anda sebaiknya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi pada tahun 2015 ini.

Baca Juga: Manusiawikah Konsep e-Learning?

Alasan Ke-1: Tahun Kambing Kayu Tanda Keberuntungan

chinese_new_year

Kambing merupakan tanda ke-8 dalam susunan zodiak Tionghoa yang terdiri dari 12 shio. Angka delapan sendiri dalam kebudayaan Tionghoa adalah salah satu angka yang dapat memberikan keuntungan dan pembawa kesuksesan.

Secara kalender,  dalam budaya Tionghoa tanggal delapan juga angka yang tepat dipilih sebagai waktu pernikahan dan pindah rumah. Angka delapan juga sering menjadi angka keberuntungan untuk nomor handphone, nomor rumah, dan lainnya terkait dengan penomoran.

Komentar HarukaEdu:

Terlepas bahwa ini merupakan kebudayaan Tionghoa, namun apa salahnya menjadikan tahun 2015 ini sebagai momentum bagi Anda untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? Misalnya, jika tahun ini Anda memutuskan kuliah S1 atau S2, bisa jadi ini waktu keberuntungan Anda sehingga bisa lulus tepat waktu atau mendapatkan efisiensi biaya pendidikan selama kuliah berlangsung!

 

Alasan Ke-2: Tahun Kambing Kayu Tanda Kemakmuran

6355836713_7ea15f733f_z

Masih seputar angka delapan sebagai angka keberuntungan dan pembawa kesuksesan, secara linguistik pengucapan angka delapan dalam bahasa Canton yaitu “Fa” yang artinya kemakmuran, keberuntungan, kesuksesan, dan status sosial yang baik.

Berdasarkan pengucapan angka delapan tersebut, sebagian besar orang yang percaya dengan budaya Tionghoa ini meyakini bahwa angka delapan memang membawa keberuntungan dan kemakmuran tersendiri apabila diaplikasikan pada setiap kegiatan sehari-hari.

Komentar HarukaEdu:

Anda bisa percaya atau tidak terhadap budaya Tionghoa mengenai angka delapan ini. Tapi, terlepas dari itu semua, melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi memang potensial membuat Anda lebih makmur secara ekonomi dan memperoleh status sosial yang lebih baik. Nah, mengapa tidak Anda memanfaatkan Tahun Kambing Kayu ini sebagai  momentum untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi?

 

Alasan ke-3: Tahun Kambing Kayu Tanda Kelembutan

11002633_10153247301895312_798322168076622580_n

Dalam wawancaranya dengan sebuah stasiun televisi swasta, pakar feng shui, Kian Hong Kian menuturkan bahwa Tahun Kambing Kayu melambangkan kelembutan. Hal ini berbeda dengan tahun 2014 yang disebut sebagai Tahun Kuda Kayu.

Beliau menjelaskan sekalipun setiap penamaan tahun dalam kebudayaan Tionghoa membawa unsurnya masing-masing (baik itu tanah, air, api, dan kayu), namun unsur api dalam Tahun Kambing Kayu ini ukurannya kecil, berbeda dengan tahun sebelumnya yang sama-sama menyandang unsur “kayu”. Sementara tahun 2014 yang disebut Tahun Kuda Kayu unsur apinya terlalu besar sehingga membuat emosi membara (Anda masih ingat pertarungan sengit Pemilu Presiden tahun silam, bukan?). Menurut Kian Hong Kian bahwa itu artinya dalam Tahun Kambing Kayu ini peluang kemajuannya lebih besar ketimbang tahun sebelumnya.

Komentar HarukaEdu:

Tentu Anda masih merasakan benar suasana rangkaian pemilu presiden 2014 yang disebut sebagai Tahun Kuda Kayu setahun silam. Jika ingin melewati tahun pembelajaran yang diprediksi dengan suasana negeri yang sarat “kelembutan” dan potensi berpeluang memajukan kehidupan, tampaknya Tahun Kambing Kayu ini momentum yang tepat.

 

Alasan Ke-4: Tahun Kambing Kayu Tanda Ketenangan

15756313493_76528b13ee_z

Menurut website Astrology bahwa Tahun Kambing Kayu membawa energi “Yin” sebagai simbol perdamaian, harmonisasi antara koeksistensi, dan ketenangan. Tahun Kambing Kayu juga diprediksikan sebagai tahun yang relatif lebih tenang dan damai, bahkan ketenangan itu sendiri akan menjadi dasar utama pada tahun 2015 ini.

Dengan karakter ketenangan ini, Tahun Kambing Kayu disebut-sebut sebagai waktu yang tepat untuk bertumbuhnya banyak kebaikan dengan memperbaiki kesalahan-kesalahan kehidupan secara harmonis dan tanpa kekerasan.

Komentar HarukaEdu:

Sungguh nyaman bukan melewati proses pendidikan pada tahun yang digadang-gadang relatif sarat dengan ketenangan? Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada Tahun Kambing Kayu ini juga bisa menjadi cara Anda dalam mengharmonisasikan kehidupan.

 

Alasan Ke-5: Tahun Kambing Kayu Tanda Kepedulian Sosial

6855291405_ec48861a5a_z

Menurut Suhu Naga, Tahun Kambing Kayu memiliki sifat feminin. Dalam makna yang lebih luas bahwa pada tahun ini sisi feminin akan kuat dalam segala bidang dengan meningginya sifat penyayang berupa ekspresi kepedulian sosial.

Suhu Naga menjelaskan bahwa pada Tahun Kambing Kayu ini fenomena kepedulian sosial terhadap mereka yang kurang mampu akan meninggi. “…banyak orang-orang tak mampu akan terangkat bukan semata-mata karena uang, tapi karena berbagai bentuk dukungan dari berbagai pihak agar mereka bisa maju,” ungkap Suhu Naga.

Komentar HarukaEdu:

Baiklah, Anda sudah menempuh seluruh jenjang pendidikan hingga S3 atau sudah merasa cukup dengan gelar S1 yang disandang saat ini. Tetapi, jika Anda memiliki harta berlebih, tidak ada salahnya bukan untuk memberikan beasiswa S1 atau S2 bagi mereka yang membutuhkan? Tampaknya Tahun Kambing Kayu ini momentum yang cukup strategis untuk berbagi.

Baca Juga: Kuliah Online S1 Manajemen Bagi Mereka Yang Sibuk Bekerja

 EPILOG

Setiap kita memiliki kepercayaan dan prinsip hidupnya masing-masing. Terlepas bahwa dalam artikel ini kami memanfaatkan momentum Tahun Baru Imlek 2566 yang berada dalam Tahun Kambing Kayu 2015, namun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sangat dianjurkan untuk diprioritaskan demi kehidupan yang lebih baik.

Mumpung masih dalam suasana Tahun Baru Imlek, kami dari pengelola startup HarukaEdu mengucapkan: “Gong Xi Fat Cai 2566! Semoga di Tahun Baru Kambing Kayu ini kita bisa menikmati pendidikan yang lebih baik!

(Diolah dari berbagai referensi)

I love EdTech best! :)

  • Social Links: