5 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Saat ini, jumlah perguruan tinggi yang ada di seluruh wilayah Indonesia mencapai 3.000 kampus.  Dari sekian ribu Perguruan Tinggi yang ada, Indonesia memiliki top five university berdasarkan survei dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dan Webometrics Ranking of World Universities tahun 2017.

Peringkat lima terbaik bukan hanya dinilai dari akreditasi oleh BAN-PT, namun juga harus memiliki kriteria yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, meliputi sumber daya manusia, manajemen, kegiatan kemahasiswaan, penelitian dan publikasi ilmiah. Kampus mana sajakah yang masuk lima besar di Indonesia?

Universitas Gajah Mada (UGM)

UGM

UGM sebagai Perguruan Tinggi tertua, kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini menunjukan dirinya sebagai kampus yang banyak diminati. Survei oleh Webometrics Ranking of World Universities menunjukan universitas yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini menempati posisi teratas. Jumlah mahasiswanya mencapai angka lebih dari 45.000 orang. Sedangkan, kisaran tingkat pendaftaran UGM mencapai 0-10%, angka ini membuat UGM sebagai lembaga pendidikan yang selektif. Jenjang pendidikan yang disediakan UGM meliputi Diploma, Sarjana dan Pascasarjana (S2 dan S3). UGM memiliki 18 fakultas dengan 251 program studi.

Universitas Indonesia (UI)

UI

UI merupakan universitas ternama di Indonesia dan paling dicari oleh banyak calon mahasiswa. Sama seperti UGM, tingkat pendaftaran UI mencapai 0-10% dengan predikat universitas paling selektif dalam merekrut mahasiswa. Berdasarkan survei, UI menempati peringkat kedua di bawah UGM. Perbedaan ranking ini didasarkan pada biaya hidup antara Jakarta dan Yogyakarta, di mana Yogyakarta lebih terjangkau. Universitas dengan taglineWe are the yellow jacket” ini terkenal dengan kampus modern, terbuka, multi-budaya, komprehensif serta humanis. Tersedia jenjang pendidikan Diploma, Sarjana dan Pascasarjana.

Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB

ITB menempati posisi ketiga Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. Sejak tahun 2013, ITB dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum  (PTN-BH). Kampus yang terletak di kota kembang Bandung ini memiliki jumlah mahasiswa sekitar 10.000-14.999 orang. Jenjang pendidikan yang dapat diraih di ITB yaitu S1, S2 dan S3. Meskipun menempati peringkat tiga, namun ITB menjadi kampus terbaik untuk program pendidikan teknologi di Indonesia. Kualitasnya terbukti dengan menghasilkan sumber daya manusia profesional dalam bidang teknologi.

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB

IPB adalah kampus pertanian di Indonesia yang menduduki tingkat keempat. Untuk menjadi mahasiswa IPB diwajibkan untuk mengikuti ujian masuk univeristas. Jumlah mahasiswa mencapai 10.000 sampai 14.999 orang. Program pendidikan yang disediakan meliputi Diploma, Sarjana dan Pascasarjana (S2 dan S3). Sejauh ini, IPB merupakan kampus pertanian favorit yang dimiliki Indonesia. Bukan hanya menyediakan jurusan pertanian, kampus yang terletak di Bogor, Jawa Barat ini memiliki konsentrasi jurusan lain seperti Ekonomi, Ilmu Komputer dan Manajemen.

Universitas Brawijaya (UB)

Unibraw

UB masuk ke dalam lima besar Perguruan Tinggi di Indonesia yang digemari oleh banyak calon mahasiswa. Berlokasi di Malang Jawa Timur, universitas yang dijuluki “World class entrepreneurial University” memiliki kapasitas mumpuni dalam mencetak lulusan andal yang ahli dalam bidang bisnis dengan gelar Diploma, Sarjana dan Pascasarjana. Dari segi jumlah mahasiswa, Brawijaya memiliki angka lebih tinggi dari pada IPB yaitu 25.000 hingga 29.999 orang. Kampus ini memiliki 15 fakultas dengan 2 konsentrasi pendidikan.

Referensi

  • Social Links: