5 Tips Agar Tepat Waktu Sampai di Kantor

5 Tips Agar Tepat Waktu Sampai di Kantor

Jika kamu adalah seorang karyawan, pasti kamu harus memenuhi aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan di tempat kamu bekerja. Salah satunya adalah kamu harus datang ke kantor tepat waktu. Biasanya, perusahaan memberlakukan jam masuk kerja mulai dari pukul 7 atau 8 pagi. Tapi sayangnya, masih banyak karyawan yang memiliki kebiasaan terlambat.

tepat waktu- PintariaPhoto by Christina Morillo from Pexels

Jika kamu termasuk tipe karyawan yang seperti ini, sebaiknya segeralah perbaiki kebiasaan tersebut. Sebab kalau terlalu sering terlambat, bisa-bisa kamu akan dinilai buruk oleh atasanmu. Nah, tidak usah khawatir! Berikut ini Pintaria punya 5 tips untuk kamu agar bisa menghentikan kebiasaan terlambat. Yuk langsung simak dan praktikkan ke-5 tipsnya berikut ini.

Siapkan Keperluanmu di Malam Hari

Agar besok kamu bisa bersiap-siap dengan lebih cepat, cobalah untuk membiasakan diri mempersiapkan keperluanmu di malam hari. Keperluan tersebut misalnya seperti seragam atau pakaian yang harus disetrika, tas kantor yang tercecer, laptop, atau berkas yang belum dibereskan dengan rapi.

Jika semuanya sudah siap dan rapi di malam hari, tentunya kamu tidak akan kerepotan dan memakan waktu lagi di pagi hari. Selain bisa mengantisipasi agar tidak telat, hal ini juga bisa membuatmu terhindar dari risiko barang tertinggal.

Tidur Lebih Awal

Bisa jadi kamu sering terlambat karena selalu tidur larut malam. Nah, untuk mengantisipasinya, cobalah tidur lebih awal. Dengan begini, kamu tidak akan kesulitan untuk bangun lebih awal. Selain itu, berdasarkan riset yang dilakukan di Roehampton University London, seseorang yang bangun pagi akan terhindar dari stres dan membuat seseorang lebih bahagia setiap harinya. Jadi, mulai hari ini cobalah untuk mengatur jadwal tidurmu lebih awal ya, Pintarian.

Pasang Alarm

Sebelum kamu tidur, pastikan kamu sudah memasang alarm ya, Pintarian. Kamu bisa memasangnya di handphone atau jam wekermu. Usahakan waktu yang kamu pasang pun tidak terlalu mepet. Selain itu, kamu juga bisa memasang 3 waktu alarm yang berbeda.

Misalnya, alarm pertama kamu nyalakan pukul 5 pagi. Alarm kedua kamu bisa memasangnya pukul 5.10 dan alarm ketiga pukul 5.20. Cara ini cukup ampuh untuk kamu yang sering mematikan alarm lalu kembali tidur.

Berangkat Lebih Awal

Berangkat lebih awal juga merupakan cara yang ampuh untuk menghentikan kebiasaan telat. Kamu bisa berangkat sekitar satu jam sebelum masuk atau 30 menit sebelum masuk kerja. Tentunya, waktu ini kamu sesuaikan dengan jarak dari rumahmu ke kantor. Apalagi jika kamu tinggal di daerah yang rawan macet.

Tanamkan Pemikiran Untuk Bisa Menghargai Orang Lain

Jika kamu sudah berkomitmen menjadi seorang karyawan, kamu juga harus menghargai orang lain lewat waktu. Tanamkan sikap pada dirimu untuk dating lebih awal dan tepat waktu untuk menghargai orang lain. Ingatlah bahwa setiap orang juga memiliki kegiatannya masing-masing. Jadi jika kamu terbiasa terlambat, kamu pun bisa kehilangan kesempatan emas. Entah itu naik jabatan atau mendapat klien baru.

Bukan hanya itu saja lho, Pintarian! Selain akan membuatmu datang lebih awal, sikap ini juga akan meningkatkan nilaimu di mata orang lain. Dengan begitu, orang lain akan memandang kamu sebagai orang yang menghargai waktu.

  • Social Links: