Kuliah Online Degree 2015 HarukaEdu Resmi Terselenggara

Kuliah Online Degree 2015 HarukaEdu Resmi Terselenggara

Higher Edu Pic

Berpendidikan tinggi membuka peluang masa depan yang lebih baik

Sabtu (14/03) silam HarukaEdu resmi membuka program kelas online degree di tahun 2015 ini. Adapun kelas yang diselenggarakan akhir pekan silam itu merupakan program kuliah online S1 Manajemen Universitas Wiraswasta Indonesia (UWIN) angkatan pertama dan S2 Ilmu Komunikasi The London School of Public Relations (LSPR) angkatan kedua. Bagaimana suasana perkuliahan pertama di dua kampus berbeda tersebut?

Baca Juga: 4 Persiapan HarukaEdu Menjelang Dilaksanakannya Kuliah Online
Kami menyadari bahwa konsep e-Learning yang efektif harus tetap memiliki unsur manusiawi dengan mengedepankan juga interaksi manusia secara nyata. Untuk lebih lanjut, Anda bisa membaca tulisan mengenai topik “Manusiawikah Konsep e-Learning?” tersebut di sini.

Adapun salah satu implementasi HarukaEdu dari konsep e-Learning yang manusiawi itu adalah mewajibkan kehadiran para mahasiswa — baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama — pada pertemuan pertama perkuliahan.

Mengapa?

Kami ingin memperkenalkan para mahasiswa dengan Dosen mata kuliah terkait, mempertemukan dengan rekan-rekan sesama mahasiswa yang kelak akan lebih sering berjumpa secara virtual, sekaligus pengarahan dari divisi Academic Operation untuk beberapa update informasi terbaru.

Untuk program kelas online degree di tahun 2015 ini, HarukaEdu berhasil menjaring 36 mahasiswa baru (maru) untuk program kuliah online S1 Manajemen UWIN dan 9 mahasiswa baru untuk program kuliah online S2 Ilmu Komunikasi LSPR. Sekalipun karena satu dan lain hal, ada beberapa maru baik dari S1 UWIN maupun S2 LSPR yang berhalangan hadir.

UWIN Batch 1 Pic

Suasana kelas angkatan ke-1 program online S1 UWIN

Menariknya bahwa salah satu maru S2 LSPR berstatus Warga Negara Asing (WNA) asal Timor Leste bernama Jaime Ribeiro. Kemudian ada juga maru S2 LSPR berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), namun akan berdomisili di Hongkong yaitu Viesya Noreen (foto ada di bawah). Umumnya para maru baik UWIN dan LSPR yang terjaring itu berprofesi sebagai pekerja atau pengusaha.

LSPR Batch 2 Pic

Jaime Ribeiro (yang dilingkari hitam) dan Viesya Noreen (yang dilingkari merah)

Baca Juga: 5 Alasan Sebaiknya Anda Melanjutkan Pendidikan di Tahun Kambing Kayu 2015
Khusus untuk program kuliah online S2 Ilmu Komunikasi LSPR yang sudah memiliki dua angkatan, maru yang baru menginjak semester pertama menerima perkuliahan sekaligus tatap muka pertama dengan dosen terkait pada tiga mata kuliah, yaitu: Advance Communication Theory, Principle of Corporate Communication, dan Strategic Public Relations Planning. Masing-masing mata kuliah diselenggarakan selama dua jam.

Sementara mahasiswa lama yang bulan ini menginjak semester kedua juga tetap hadir secara fisik untuk mengikuti perkuliahan pertama dan bertemu Dosen baru mereka yang mengajar mata kuliah Methodology of Communication Research, Strategy Issue Management, dan Public Relations Ethic.

LSPR Batch 1 Pic

Mahasiswa S2 LSPR angkatan ke-1 yang memasuki semester ke-2

Khusus untuk mata kuliah Strategy Issue Management, di tengah semester mendatang ada kelas sertifikasi yang langsung dibawakan oleh Dosen yang berasal dari Edith Cowan University, Australia. Kelak setelah lulus nanti, sertifikasi yang akan diperoleh para mahasiswa tersebut sudah bisa diterima secara global setidaknya pada lebih 100 negara di dunia.

ECU Pic

Materi sertifikasi dibawakan langsung oleh Dosen dari Edith Cowan University, Australia

Berbeda dengan program kuliah online S2 Ilmu Komunikasi LSPR yang masing-masing dibuka dengan tiga (3) mata kuliah berbeda, program kuliah online S1 Manajemen UWIN memulai perkuliahan pertamanya dengan empat mata kuliah yaitu Pengantar Manajemen, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris Ekonomi, dan Agama.

Selain perkuliahan pertama bagi masing-masing program perkuliahan baik S1 UWIN maupun S2 LSPR (termasuk angkatan pertama yang menginjak semester dua), pertemuan ini juga menjadi ajang tim HarukaEdu khususnya divisi Academic Operation untuk memaparkan cara penggunaan Learning Management System (LMS) milik HarukaEdu sekaligus menjelaskan keunggulan LMS tersebut .

Adapun keunggulan LMS HarukaEdu antara lain yaitu materi kuliah dengan beragam format (audio, visual, teks, dan slide presentasi yang semuanya bisa di-download dan disimpan di hard disk), perkuliahan online yang terselenggara tetap bersifat interaktif, dan materi kuliah serta tugas kuliah yang terdokumentasikan secara digital.

LMS HarukaEdu Pic

Screen shot dari dashboard LMS HarukaEdu

Divisi Academic Operation juga mengarahkan para mahasiswa perkuliahan online untuk melakukan diskusi kelompok secara virtual di LMS HarukaEdu sekaligus penentuan Ketua Kelompok — kami menyebutnya dengan “Presiden” — secara berbeda pada tiap-tiap mata kuliah. Sementara di hadapan mahasiswa S2 LSPR semester dua, Divisi Academic Operation menjelaskan prosedur pengerjaan tesis.

Selain divisi Academic Operation, divisi Finance juga turut terjun langsung untuk menangani masalah administrasi berupa penyelesaian serah terima kuitansi pembayaran serta penerimaan copy ijazah yang telah dilegalisir dari mahasiswa baru sebagai salah satu persyaratan.


EPILOG
Kini Anda sudah mengetahui bagaimanakan proses perkuliahan online yang diselenggarakan HarukaEdu dari mulai persiapan “di belakang layar” hingga aktivitas di hari pertama perkuliahan.

Bagi yang ingin segera mendaftar perkuliahan online kami, progam S1 Manajemen UWIN angkatan ke-2 akan dimulai bulan Juni 2015 dan S2 Ilmu Komunikasi LSPR angkatan ke-3 akan diadakan bulan September 2015.

Ayo, kuliah online!

I love EdTech best! :)

  • Social Links: