Manusiawikah Konsep e-Learning?

Manusiawikah Konsep e-Learning?

e-learning title and Tablet PC

E-Learning merupakan konsep pembelajaran yang menjadi solusi di abad 21. Namun, seiring dengan perkembangan kecanggihan teknologi, terkadang membuat kita sebagai manusia yang menggunakan teknologi mengabaikan “sentuhan manusiawi” itu sendiri. Jadi, konsep e-Learning seperti apakah yang tergolong manusiawi?

Situs e-Learning Infographics (11/02) mengeluarkan infografik bertajuk “Humanize Your eLearning” dengan tujuh poin yang mengarahkan bagaimana memanusiawikan konsep e-Learning. Satu yang menjadi pusat perhatian kami yaitu poin ke-6 yang berbunyi: “Human interaction is important”.

Kami di HarukaEdu memberikan program e-Learning yang tentu saja mementingkan aspek interaksi manusiawi ini. Selain memungkinkan mahasiswa belajar secara online dari jarak jauh dan fleksibel dalam pemilihan waktu belajar, secara periodik para mahasiswa ini tetap berinteraksi baik secara online maupun offline (baca: copy darat).

Sebutlah program kuliah online S2 Komunikasi LSPR (London School of Public Relations) yang tengah berlangsung sejak September 2014 hingga saat ini. Sekalipun dalam masa perkuliahan lebih banyak dilakukan secara online, namun ada waktu-waktu khusus tertentu yang memungkinkan para mahasiswa dan dosen untuk tetap berinteraksi secara manusiawi antara lain:

Pertama: Selama tiga semester mengikuti perkuliahan kuliah online, tiap-tiap semester para mahasiswa wajib bertemu secara fisik pada tiga pertemuan yaitu: kuliah pertama, saat UTS (Ujian Tengah Semester), dan UAS (Ujian Akhir Semester). Catatan penting khusus untuk UTS dan UAS bahwa pertemuan fisik ini dilakukan untuk mencegah mahasiswa yang menyewa “joki” dalam mengerjakan ujian-ujian tersebut.

Kedua: Setiap Rabu malam dan Sabtu malam sekitar jam 19.30 s.d. 22.00 WIB, kami memiliki jadwal “live chat” antara mahasiswa dan dosen di LMS (Learning Management System) yang kami rancang sedemikian rupa.

screenshot-dev.harukaedu.com 2015-02-18 15-00-23

Screenshot aktivitas live chat di LMS HarukaEdu

Ketiga: Untuk mengeratkan komunikasi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara online kami juga ada “live discussion” antar dosen dan mahasiswa yang telah dipecah dalam kelompok-kelompok kecil di LMS kami. Pertanyaan dari diskusi virtual ini dilontarkan dosen mata kuliah tertentu pada tiap Senin malam dan Rabu malam.

Keempat: Sekalipun program kuliah online, namun tidak mengesampingkan interaksi manusiawi sehari-hari walaupun secara virtual. Maka dari itu secara non-formal, seluruh mahasiswa terbiasa berkomunikasi dalam sebuah grup pada suatu instant messaging tertentu.

Untuk lebih lanjut mengetahui bagaimana konsep e-Learning yang manusiawi itu, bisa Anda pelajari pada infografik berikut ini:

How to Humanize eLearning Infographic
Find more education infographics on e-Learning Infographics
Sumber: e-Learning Infographics

I love EdTech best! :)

  • Social Links: