Presiden Jokowi ingin universitas luar negeri melakukan ekspansi ke Indonesia

Presiden Jokowi ingin universitas luar negeri melakukan ekspansi ke Indonesia

 

Presiden Joko Widodo memimpin rapat yang membahas revisi undang-undang tentang pendidikan di Istana Bogor, Kamis (16/11/2017). Ia berkata “Mengenai undang-undang pendidikan yang menurut saya perlu adanya revisi agar universitas atau akademi politeknik luar biasa bisa mendirikan perguruan tinggi di Indonesia”. Dalam rapat tersebut terlihat founder Go-Jek Nadiem Makarim hingga CEO Ruangguru.com Adamas Belva di Undang oleh Presiden Joko Widodo.

9f234d35-650c-4a68-b2f6-3a3490cb94da

Presiden memandang, pada 2030, Indonesia membutuhkan lebih dari 50 juta tenaga terampil. Saat ini masuk pada tahapan membangun infrastruktur dan pada tahapan selanjutnya ia menginginkan pembangunan sumber daya manusia. Ia melihat perlu keseimbangan antara sumber daya alam dan sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan. Sehingga kehidupan tidak hanya bergantung kepada satu sumber daya saja.

Peran dan fungsi sumber daya manusia dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu secara mikro dan makro. Secara mikro sumber daya manusia berperan dalam hal faktor produksi (ketenagakerjaan). Sedangkan secara makro peran sumber daya manusia dalam hal pembangunan dan kependudukan. Kita dapat melihat 4 potensi sumber daya manusia dari hal-hal berikut;

1. Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk adalah salah satu potensi bagi sumber daya manusia. Indonesia dapat dikatakan memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Jumlah penduduk rata- rata di indonesia mencapai 255 juta penduduk. Dengan persebaran penduduk terbanyak terjadi di pulau jawa. Agar persebaran penduduk merata, pemerintah mencanangkan program transmigrasi, bagi penduduk jawa yang ingin bekerja di luar jawa. Keuntungan dari transmigrasi adalah disediakan berbagai fasilitas, mulai dari rumah hingga alat- alat pertanian untuk mendukung kehidupan para transmigrasi.

2. Jumlah Tenaga kerja

Sumber daya manusia jika di ambil langsung dari indonesia, akan memberikan keuntungan kepada negara. Hal ini karena sumber daya yang berasal dari lokal, memiliki harga yang lebih murah, dari pada langsung mengimpor dari luar negeri. Selain itu, dengan memakai sumber daya manusia lokal, maka negara telah membantu dalam program pensejahteraan masyarakat. Masyarakat yang sejahtera, adalah salah satu ciri kesuksesan sebuah negara.

3. Kualitas Sumber Daya Manusia

Jumlah penduduk yang banyak, serta jumlah tenaga kerja yang banyak, akan tetapi jika tidak didukung oleh kemampuan yang mumpuni, akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Indonesia mampu mencetak sarjana sebanyak 250.000 orang, sebenarnya memiliki kualitas sumber daya baik. Akan tetapi, lowongan yang tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja, membuat tenaga kerja inlektual di indonesia terbuang percuma. Dengan memaksimalkan potensi pekerja inteletual, maka indonesia akan semakin cepat berkembang.

4. Banyak Kebudayaan

Salah satu hasil dari sumber daya manusia adalah kebudayaan. Indonesia adalah negara dengan kebudayaan yang majemuk. Kebudayaan yang majemuk adalah salah satu dari potensi sumber daya manusia di indonesia. Karena dengan banyaknya kebudayaan, maka menarik wisatawan ke indonesia akan semakin mudah. Masyarakat dengan kebudayaan yang masih terjaga, juga diharapkan mampu menjaga keseimbangan alam. Kebudayaan adalah salah satu daya tarik pariwisata. Dengan memanfaatkan kebudayaan indonesia yang majemuk, maka indonesia akan mendapatkan pendapatan dari sektor wisata. Saat ini indonesia sedang gencar dalam melakukan upaya promosi wisata indonesia melalui proyek Wonderful Indonesia.

Wacana ekspansi universitas luar negeri ke Indonesia muncul sebagai jawaban atas tantangan perubahan yang sedang terjadi, sehingga revisi undang-undang pun dibutuhkan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia dan perbaikan sumber daya manusia agar mampu berkompetisi secara global. Oleh karena itu, landasan yang selama ini jadi payung pendidikan harus diadakan pembenahan, agar bisa menjawab aspirasi yang ada sekarang kata Mendikbud Muhadjir Effendy.

Menurut Mendikbud usulan ini tidak hanya berlaku bagi universitas namun juga untuk sekolah menengah. Ia memastikan wacana ini akan ditindaklanjuti. Namun untuk proses revisi undang-undang ia tidak bisa memastikan karena akan melalui tahapan yang panjang.

Menurutnya UU yang mengatur pendidikan itu ada tiga, pertama UU Sisdiknas, UU Guru dan Dosen dan yang terakhir UU Pendidikan Tinggi. Undang-undang itu tumpang tindih, jadi di perlukan pembahasan lebih lanjut.

 

  • Social Links: