Press Release: HarukaEdu Mendapatkan Investasi dari CyberAgent Ventures dan Meluncurkan Program Kuliah Online S1 Berkualitas dan Terjangkau

Press Release: HarukaEdu Mendapatkan Investasi dari CyberAgent Ventures dan Meluncurkan Program Kuliah Online S1 Berkualitas dan Terjangkau

Jakarta, 5 November 2014 – HarukaEdu, sebuah ed-tech startup yang memfokuskan diri pada pendidikan online, baru saja mendapatkan investasi dari CyberAgent Ventures, salah satu investor terkemuka yang berasal dari Jepang. Investasi Series A yang diterima ini akan digunakan untuk merekrut anggota tim yang diperlukan untuk pengembangan infrastuktur teknologi informasi serta program kuliah dan pelatihan online.

Didirikan oleh tiga co-founder yang merupakan memiliki ketertarikan yang besar pada dunia pendidikan (ketiganya merupakan dosen perguruan tinggi terkemuka di Indonesia), HarukaEdu memiliki visi untuk menjadi salah satu penyedia terkemuka pendidikan online yang berkualitas, terjangkau, interaktif, dan dapak diakses oleh setiap orang selama mereka terhubung dengan Internet. Misi dari HarukaEdu adalah memberikan masa depan yang lebih baik kepada banyak orang dengan cara mempermudah mereka mendapatkan pendidikan seumur hidup yang berkelanjutan (life-long, continuous learning).

HarukaEdu Life-long Continuous Learning

Gambar 1 – Life-long, Continuous Learning @HarukaEdu

Salah satu strategi yang ditempuh untuk mewujudkan visi dan misi tersebut dan juga membedakan HarukaEdu dengan ed-tech startup lainnya adalah pengembangan suatu ekosistem pendidikan online yang mempertemukan perguruan tinggi dan penyelenggara pelatihan profesional dengan perorangan dan korporasi yang tertarik untuk mengembangkan keahlian dan tingkat pendidikan formal mereka/karyawan mereka.

HarukaEdu Online Learning Ecosystem

Gambar 2 – HarukaEdu’s E-learning Ecosystem

Keunikan lain yang ditawarkan kepada perguruan tinggi adalah HarukaEdu dapat memberikan end-to-end solution, mulai dari menyediakan infrastruktur teknologi informasi yang diperlukan untuk menyelenggarakan kuliah online, mengembangkan kurikulum dan silabus online, membuat konten digital, mencari dan melatih tenaga pengajar, memasarkan program dan merekrut mahasiswa, sampai dengan menjalankan dan melakukan administrasi perkuliahan.

“Perguruan tinggi di Indonesia sudah menyadari bahwa pendidikan online merupakan salah satu hal terpenting dalam tren pendidikan tinggi di dunia. Sayangnya, hanya sedikit yang memiliki pengetahuan, pengalaman, serta sumber daya manusia dan keuangan yang cukup untuk dapat menyelenggarakan kuliah online yang berkualitas. Banyak dari mereka yang tidak memiliki infrastruktur teknologi informasi yang baik bagi program kuliah kovensional mereka, atau bahkan website yang memberikan informasi yang baik”, kata Novistiar Rustandi, salah satu co-founder dari HarukaEdu dan Direktur Jakarta Founder Institute. “Karena itu, mereka sangat tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai program kerja sama yang HarukaEdu tawarkan”, lanjut Novis.

HarukaEdu sudah bekerja sama dengan 3 perguruan tinggi yaitu London School of Public Relations (LSPR – akreditasi A), STM Labora (Labora – akreditasi B), dan Universitas Wiraswasta Indonesia (UWIN – akreditasi B). Kuliah online S2 Komunikasi dengan LSPR akan dimulai pada bulan November 2014 sedangkan kuliah online S1 Manajemen dengan UWIN akan dimulai pada bulan Maret 2015.

Kuliah Online S1 Manajemen

Gambar 3 – Kuliah Online S1 Manajemen

“Kami menargetkan orang yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan pendidikannya untuk mendapatkan gelar S1 atau S2. Saat ini opsi mereka masih terbatas yaitu mengikuti kelas malam atau akhir pekan. Sayangnya, terdapat beberapa kelemahan dari opsi tersebut. Mengikuti kelas malam mengharuskan siswa untuk melawan kemacetan hampir setiap hari untuk pergi ke kelas setelah capai bekerja seharian. Hal ini menyebabkan mereka tidak dalam kondisi yang baik untuk belajar. Mengikuti kelas akhir pekan mengharuskan mereka mengorbankan waktu bersama keluarga dan beristirahat. Kuliah online memberikan fleksibilitas dimana siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja sehingga hasil belajar dapat menjadi lebih baik”, terang Tovan Krisdianto, co-founder, mengenai salah satu nilai yang ditawarkan oleh HarukaEdu beserta dengan partner perguruan tinggi.

Hal penting lain yang ingin dicapai oleh HarukaEdu adalah membuat pendidikan berkualitas menjadi lebih terjangkau bagi bangsa Indonesia. Contohnya, dengan dukungan penuh dari HarukaEdu, UWIN menyelenggarakan program kuliah online S1 Manajemen dengan biaya kuliah mulai dari Rp. 595 ribu per bulan. Pada program berkakreditasi B ini, siswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dari praktisi-praktisi dan dosen-dosen terkemuka. “Sebenarnya banyak orang-orang yang sudah sukses ingin membagikan pengetahuan mereka tetapi tidak memiliki waktu untuk datang ke kelas dan mengajar. Dengan kuliah online, mereka tidak harus hadir di kelas dan bisa mengajar dengan jadwal yang dapat disesuaikan dengan kesibukan pekerjaan mereka”, tambah Novis.

“Kami melihat potensi yang besar untuk pendidikan online, khususnya di Indonesia. Berdasarkan pengalaman investasi kami dalam bidang pendidikan online di China dan Vietnam, tidak dapat disangkalkan bahwa transisi ke arah online hanyalah masalah waktu. Dan yang paling penting, kami yakin bahwa HarukaEdu memiliki tim founders yang terbaik untuk membangun perusahaan ini.” menurut Steven Vanada, CyberAgent Ventures (CAV).

HarukaEdu kini mencari beberapa anggota tim dibidang teknologi informasi, pemasaran, dan akademik untuk bekerja bersama mewujudkan visi dan misinya. “Kami ingin mengajak Anda yang memiliki minat atau passion yang sangat besar di dunia pendidikan untuk bergabung dan menjawab tantangan yang sangat besar: merancang suatu proses belajar mengajar online dan membangun suatu sistem teknologi informasi pendukung yang memberikan pengalaman dan hasil belajar yang berkuliatas sama atau bahkan lebih baik dari kuliah tatap muka”, kata Novis.

CyberAgent Ventures (CAV) adalah perusahaan kapital ventura, sebagai anak perusahaan CyberAgent yang merupakan grup Internet konglomerat di Jepang.

CAV melakukan aktifitas investasi kepada startup yang fokus dalam bidang Internet bisnis. CAV beroperasi dengan menjadi sosok entitas sebagai partner untuk founders dari startup, sekaligus berpartisipasi sebagai penyalur dana dalam berbagai “stages” dari “Seed Stage” sampai “Series A”.

CAV juga memberikan bantuan bersifat know-how transfer seperti contoh membangun business plan, manajemen, strategi untuk marketing, dukungan stratejik seperti bantuan untuk pendanaan selanjutnya, dan khususnya akses untuk ekspansi ke Asia, Amerika dan region lainnya.

CAV Indonesia memulai operasinya di Jakarta sejak tahun 2011, dengan total 10 kantor dari 7 negara seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika, Cina, Taiwan, Vietnam dan Indonesia. Informasi lengkap mengenai CAV dapat ditemukan di http://www.cyberagentventures.com/en

PT Haruka Edukasi Utama (HarukaEdu) adalah sebuah perusahaan ed-tech didirikan pada tahun 2013 di Jakarta. HarukaEdu menyediakan solusi lengkap dan terpadu untuk membantu perguruan tinggi dalam menawarkan program kuliah online yang berkualitas dengan investasi dan resiko minimum. Informasi lengkap mengenai HarukaEdu dapat ditemukan di http://harukaedu.com.

 

Akhir

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Novistiar Rustandi (novistiar@harukaedu.com)

 

PT Haruka Edukasi Utama

Office8, Level 18A

Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53 (access from Jl. Senopati Raya No. 8B)

Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan – 12190

  • Social Links: