Survei Kuliah Online di Indonesia

Survei Kuliah Online di Indonesia

Survei Kuliah Online Indonesia

Kuliah online  merupakan hal yang baru bagi sebagian besar bangsa Indonesia. Mungkin hanya sebagian kecil penduduk Indonesia yang pernah mengambil kuliah online  di situs-situs MOOCs (Massive Open Online Courses) seperti Coursera, edX, dan Udacity. Karena hal ini, banyak pihak yang bertanya-tanya apakah orang Indonesia sudah siap untuk mengikuti kuliah online.

Untuk mendapatkan kepastian mengenai kesiapan orang Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah Jakarta dan Bandung, dalam mengikuti kuliah online, kami melakukan sebuah survei terbatas yang berhasil mendapatkan respon dari 1,256 orang. Survei disebarkan secara online kepada orang berusia 18 tahun keatas yang bertempat tinggal di daerah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Ringkasan dari survei tersebut kami bagikan dibawah ini:

  1. 70% dari responden menyatakan mereka ingin melanjutkan pendidikan dan mendapat gelar S1 atau S2 demi mendapatkan pekerjaan serta karir yang lebih baik
  2. Dari jumlah tersebut:
  • 93% menyatakan mereka ingin melanjutkan pendidikan sambil bekerja
  • 80% memiliki persepsi yang positif mengenai kuliah online / e-learning
  • 77% mengatakan tertarik untuk mengambil program kuliah online / e-learning berijazah karena faktor fleksibilitas
  • 71% bersedia membayar lebih untuk mendapatkan kuliah online / e-learning dari universitas yang memiliki akreditasi “A” atau “B”

Waktu yang terbatas dan kemacetan lalu lintas yang sangat parah menyebabkan kuliah online  menjadi salah satu solusi terbaik bagi orang-orang yang ingin melanjutkan pendidikan mereka.

Survei Kuliah Online

Kekhawatiran mengenai kesiapan infrastruktur Internet memang ada. Tetapi, kualitas dan kecepatan koneksi Internet terbukti meningkat dengan pesat dalam beberapa bulan terakhir. Data yang kami peroleh dari Akamai dan Google menunjukkan bahwa kecepatan rata-rata koneksi Internet meningkat dari 0.65 Mb (4th Q 2012) ke 1.5 Mb (2nd Q 2013) dalam kurun waktu 6 bulan. Yang mengejutkan adalah bahwa kecepatan rata-rata mobil Internet (diukur berdasarkan waktu rata-rata yang diperlukan untuk loading 1 halaman) di Indonesia sama dengan kecepatan rata-rata mobile Internet di Singapore dan sedikit lebih buruk dengan kecepatan di Malaysia.

Internet Speed Indonesia

Hasil survei ini tentunya sangat menyenangkan dan mendukung kepercayaan kami bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk memulai kuliah online, khususnya untuk wilayah DKI Jakarta dan Bandung.

  • Social Links: