TechInAsia: 5 Tip yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengikuti Google Launchpad

TechInAsia: 5 Tip yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengikuti Google Launchpad

Seperti yang kami informasikan sebelumnya, Google baru saja membuka pendaftaran untuk mengikuti kelas kedua dari program akselerator mereka, Google Launchpad. Hari ini (3/3), Google menyelenggarakan acara press conference terkait hal tersebut, dengan menghadirkan founder dari 8 startup yang telah mengikuti kelas pertama Google Launchpad awal tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut, 8 founder tersebut berbagi cerita tentang apa saja hal yang mereka pelajari selama dua minggu menjalani pelatihan di Silicon Valley. Menurut mereka, para mentor yang dihadirkan Google banyak sekali memberikan masukan-masukan penting terkait teknologi, desain produk (UI/UX), serta bagaimana cara memasarkan sebuah produk.

Selain itu, seluruh founder tersebut juga menitipkan beberapa pesan kepada para startupyang ingin mengikuti kelas kedua dari Google Launchpad. Berikut ini adalah tip-tip yang mereka berikan:

1. Beri tahu masalah yang kamu hadapi dengan jelas dan jujur

Novistiar Rustandi (Novis), CEO HarukaEdu, mengatakan kalau selama mengikuti Google Launchpad, sebuah startup harus bisa menyajikan masalah mereka dengan jelas. “Kamu juga harus membuktikan kalau masalah yang kamu atasi punya pengaruh besar dalam masyarakat,” ujar Novis.

Hal ini pun diamini oleh Muhamad Nur Awaludin (Mumu), CEO Kakatu. Menurutnya, ketika menjalani sesi pertemuan dengan para mentor, setiap startup harus jujur membuka masalah yang sedang mereka hadapi. “Dengan begitu, para mentor bisa memberikan masukan yang tepat kepada kita,” jelas Mumu.

2. Lakukan riset tentang perkembangan teknologi saat ini

David Wayne Ika, CEO Kurio, berpesan agar sebelum berangkat ke Silicon Valley, para peserta Google Launchpad harus memastikan kalau mereka sudah mengenal semua produk Google. “Saya sarankan untuk menonton semua video yang ada di channel YouTube Google Developers, dan Android Developers,” ujar David.

Tip yang sama juga diungkapkan oleh Razi Thalib, CEO Setipe. Menurutnya, setiap startupyang akan mengikuti Google Launchpad harus mempelajari tentang teknologi-teknologi baru yang ada saat ini, terutama yang dibuat oleh Google.

3. Lakukan riset tentang mentor yang akan hadir

Menurut Mumu, hal ini penting agar kamu bisa mendapatkan masukan dari orang yang tepat. Mumu menceritakan kalau ia pernah meminta bantuan terkait UI/UX kepada seorang mentor, dan ia baru tahu setelahnya kalau ternyata mentor tersebut bukanlah seorang ahli di bidang UI/UX.

4. Cari peluang kolaborasi di Silicon Valley

Selama dua minggu, para peserta Google Launchpad akan berada di Silicon Valley, yang merupakan pusat perkembangan startup di dunia. Oleh karena itu, Menurut Indrasto Budisantoso, CEO Jojonomic, ada baiknya untuk menjalin komunikasi dengan tokoh-tokohstartup yang ada di sana, tidak hanya berkomunikasi dengan mentor yang disediakan Google.

5. Jangan lupa berinteraksi dengan peserta dari negara lain

Selama berada di sana, para peserta Google Launchpad akan bertemu dengan peserta dari negara-negara lain. Karena itu, menurut Nayoko Wicaksono (CEO Seekmi), mereka harus mencoba berinteraksi dengan peserta-peserta tersebut. Hal ini diperlukan untuk mengetahui bagaimana sebuah masalah bisa diselesaikan di negara lain.

(Diedit oleh Pradipta Nugrahanto)

Source: 5 Tip yang Harus Kamu Tahu Sebelum Mengikuti Google Launchpad

  • Social Links: