Training & Workshop “Online Learning & Instructional Design”

Training & Workshop “Online Learning & Instructional Design”

Sebagai perusahaan Teknologi Informasi yang terpercaya, HarukaEDU selalu memberikan training untuk proses online learning secara berkala. Training ini menjadi salah satu bukti komitmen kami untuk para partner Universitas HarukaEDU. Lebih lanjut, acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan edukasi terkait perkembangan E-Learning saat ini. Pada tanggal 13 Januari 2017 kemarin, HarukaEDU menyelenggarakan Training & Workshop “Online Learning & Instructional Design” di Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB) Bandung. Event tersebut dihadiri oleh seluruh dosen ITHB, dan perwakilan tim Content Development (Renata Marelene, Rikky Firmansyah, dan Ahmad Arif) HarukaEDU. Training & Workshop ini kebetulan waktunya bertepatan dengan jadwal “Seminar Pengembangan Dosen/Karyawan” ITHB.

burenata

Acara dibuka dengan pengenalan Online Learning oleh Ibu Renata Marelene selaku Head of Content Development HarukaEDU. Beliau memaparkan bahwa dalam membuat konten kuliah online tidak sekedar mengunggah slide Power Point dan e-book atau menyediakan forum & audio conference. Diperlukan perpaduan tiga pilar utama untuk membangun program kuliah online yang sempurna, yaitu, desain silabus, metode penyajian, LMS, dan UMS. Untuk mewujudkan perpaduan tiga pilar utama ini, diperlukan peran seorang Subject Matter Expert (SME) dan Instructur Designer sangat berkaitan dengan dosen kuliah online. Mereka akan bekerja di balik layar untuk menyusun silabus, menyajikan materi dalam berbagai media, menjadi fasilitator dalam forum diskusi, sampai membuat soal UTS&UAS.

IMG-20170116-WA0002-edit

Pada sesi selanjutnya, Rikky Firmansyah, Instructional Designer HarukaEDU mempresentasikan mengenai Instructional Design kepada tim pengajar ITHB. Rikky menjelaskan bahwa Desain Instruksional adalah analisis proses analisis kebutuhan belajar yang mencakup pengembangan teknik lengkap dengan materi pengajarannya. Tim e-Learning project dapat dikatakan ideal jika memiliki tenaga pekerja yang fokus di bidang sebagai berikut:

  1. Subject Matter Expert (SME)
  2. Lecturer
  3. Instructional Designer (ID)
  4. Content Developer (CD)
  5. Writer/Editor
  6. Cameraman
  7. Transcriber
  8. Quality Controller (QC)
  9. Admin LMS

Tujuan pembelajaran e-Learning tidak hanya berfokus agar siswa “mengerti” sebuah subject mata kuliah. Contohnya untuk silabus pelajaran berhitung, mahasiswa juga diharapkan mampu untuk membedakan jenis-jenis bilangan, menghitung operasi berhitung, sampai mengonversi bilangan. Rikky juga menambahkan bahwa diperlukan kosa kata yang mudah dipahami untuk membuat silabus yang baik. Kalimat abstrak dan tidak jelas harus dihindari agar tidak menimbulkan salah paham.

Dalam sesi Training&Workshop, Rikky pun mendapat kesempatan untuk menjelaskan bagaimana cara membuat silabus online. Rikky mengungkapkan, ada beberapa cara untuk menyampaikan mata kuliah secara online. Diantaranya melalui video, audio, E-book, dan slide presentasi. Diskusi mata kuliah pun tetap dapat dilakukan walaupun sesi pelajaran dilaksanakan secara online, yaitu menggunakan chat dan forum diskusi. Struktur aktivitas pembelajaran online dapat dirangkum menjadi penyajian materi berupa kombinasi teks, visual, video, animasi, dll agar mahasiswa mudah memahami materi mata kuliah.

IMG-20170116-WA0001-edit

IMG-20170116-WA0003-edit

Di akhir sesi Training & Workshop, tim HarukaEDU membagi audience menjadi beberapa kelompok dan mereka diminta untuk membuat rancangan silabus mata kuliah online. Sebagai mediator, tim HarukaEDU pun melakukan review dan tanya jawab mengenai rancangan silabus online yang telah dibuat. Training & Workshop dapat berlangsung dengan lancar berkat dukungan dua belah pihak, baik dari kesiapan dan penyampaian material tim HarukaEDU maupun antusiasme pihak ITHB. Semoga di lain kesempatan HarukaEDU dapat mengadakan sesi Training & Workshop untuk memberikan wawasan dan edukasi seputar online learning di berbagai partner Universitas selanjutnya.

  • Social Links: